CHOOSE YOUR LANGUAGE:

CHOOSE YOUR LANGUAGE:

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Jumat, 22 Juli 2011

BLOGGER DAN PICASA AKAN GANTI NAMA?

Setelah sekitar akhir Mei 2011, Google melakukan maintenance besar-besaran dan "pembersihan". Dampaknya pengguna blogger-pun gak bisa akses ke akun blogger, sehingga postingan juga berubah jadwalnya untuk beberapa saat. Kelanjutannya, selama sebulan ini kalangan blogger ramai saling sharing tentang perubahan nama Blogger dan Picasa, 2 produk milik Google.com

Hal ini diawali sekitar 3 minggu yang lalu mbah Google kembali merilis berita baru yang lumayan mengagetkan para blogger. Seperti yang dilansir Mashable.com lewat berita bertajuk berita EXCLUSIVE: Google To Retire Blogger & Picasa Brands in Google+ Push disebutkan bahwa kemungkinan picasa akan berganti nama menjadi googlephoto dan blogger (blogspot) menjadi googleblog. Kelihatannya google tidak setengah-setengah dalam meluncurkan google+ push sebagai layanan terintegrasi. Disebutkan juga alasan Google melakukan ini adalah untuk meningkatkan branding Google.

Terus kenapa bikin kaget?? Ini kan punya Google? Terserah mau ganti nama atau di tutup sekalipun...He..he..he..he..
Gak tau kalau yang lain, saya sendiri jadi males mau posting lagi. Bukan apa-apa, kita bisa bayangkan blog kita berganti nama akhir bulan depan. Contohnya azishtm.blogspot.com ini, apa nanti akan ganti nama jadi azishtm.googleblog.com atau mungkin pihak Google akan menyingkatnya menjadi azishtm.gooblog.com .... ^_* Yang lebih repot lagi kalau blog kita sudah dikenal banyak orang dan sering tuker link banner. Banner pun (terutama yang mencantumkan nama blog secara lengkap) tentunya harus diganti juga. Dan yang lebih penting adalah PAGERANK, otomatis kalau nama blog kita berubah nama, tentunya berpengaruh buat pagerank blog kita.

Memang sih banyak penyedia blog gratisan yang lain. Saya sendiri selain memakai blogger juga memakai wordpress, pernah juga nyoba co.cc, weebly, multiply sampai ke layanan wapsite peperonity dan xtgem. Tapi tetep aja enakan blogger, selain familiar untuk pemula seperti saya yang memang gak bisa apa-apa, blogger juga menyediakan tutorial berbahasa Indonesia.

Intinya, saya pribadi harus bersiap merubah semuanya, terutama link banner yang sudah nyangkut di beberapa blog sahabat. Dan menunggu berita resmi dari Google tentang perubahan nama blogger/ blogspot.

BACA JUGA YANG INI:



4 komentar:

  1. Yach..
    NAmanya gratisan kang..
    saya sendiri sempat berfikir seperti itu..
    Tapi kemudian saya juga ingat klo blogspot.com dulunya juga bernama blogger.com...
    wlo pun kita mendaftar di blogspot.com tapi kita tetap bisa mengakes halaman sama dengan waktu kita mendaftar di blogger.com...

    intinya ya kita cuma bisa pasrah ja deh...

    BalasHapus
  2. hehehehe..... iya juga sih...

    BalasHapus
  3. was here. visit my site back

    BalasHapus