CHOOSE YOUR LANGUAGE:

CHOOSE YOUR LANGUAGE:

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Selasa, 21 Desember 2010

IMAN, ISLAM DAN IKHSAN

Dari Umar ibnul
Khaththab ra berkata: "Ketika kami sedang berada di samping Rasulullah Saw pada suatu hari, tiba-tiba muncullah pada kita orang yang pakaiannya sangat putih, rambutnya sangat hitam, tidak terlihat padanya bekas-bekas perjalanan, dan tidak seorangpun dari kami yang mengenalnya. Orang tersebut duduk di dekat Rasulullah Saw dengan menyandarkan kedua lututnya ke lutut beliau dan meletakkan kedua tangannya ke kedua paha beliau.

Orang tersebut berkata: "Hai Muhammad, beritahukanlah kepadaku tentang ISLAM"
Rasulullah Saw bersabda: "Islam ialah hendaknya engkau bersaksi bahwa tidak ada tuhan yang berhak disembah kecuali Allah dan bahwa Muhammad adalah utusan Allah, mendirikan shalat, membayar zakat, berpuasa pada bulan Ramadhan dan berhaji ke Baitullah jika engkau mendapatkan jalan kepadanya."
Orang tersebut berkata: "Engkau berkata benar, wahai Rasulullah. Kami heran padanya, ia bertanya kepada Rasulullah Saw namun ia juga membenarkan beliau.

Orang tersebut berkata lagi: "Hai Muhammad, beritahukanlah kepadaku tentang IMAN."
Rasulullah Saw bersabda: "Hendaknya engkau beriman kepada Allah, Malaikat-malaikat-Nya, Kitab-kitab-Nya, Rasul-rasul-Nya, Hari Akhir dan beriman kepada takdir; baik buruknya."
Orang tersebut berkata: "Engkau berkata benar wahai rasul Allah."

Lalu orang tersebut berkata lagi: "Beritahukan kepadaku tentang IKHSAN."
Rasulullah Saw bersabda: "Hendaknya engkau beribadah kepada Allah seolah-olah engkau melihat-Nya. Jika engkau tidak melihat-Nya, sesungguhnya Dia pasti melihatmu.

Orang tersebut berkata: "Beritahukan kepadaku tentang hari KIAMAT."
Rasulullah Saw bersabda: "Orang yang ditanya tentang hari kiamat tidak lebih tahu dari orang yang bertanya."

Orang tersebut berkata: "Beritahukan kepadaku tentang TANDA-TANDA hari kiamat."
Rasulullah Saw bersabda: "Budak wanita melahirkan majikannya, engkau lihat orang yang telanjang kaki, telanjang badan, fakir lagi menggembala kambing saling meninggikan bangunan, orang tua jadi pelayan bagi anak-anaknya."

Setelah itu orang tersebut pergi dan aku tetap berada di tempat lama sekali hingga akhirnya Rasulullah Saw bersabda kepadaku: "Hai Umar, tahukah engkau siapa penanya tadi?"
Aku menjawab: "Allah dan Rasul-Nya yang lebih tahu.
Rasulullah Saw bersabda: "'Sesungguhny dia adalah Jibril yang datang kepadamu untuk mengajarkan agama kepadamu''.
(HR. Muslim).

BACA JUGA YANG INI:



Tidak ada komentar:

Posting Komentar