Setiap tahun, dan tepatnya di bulan suci Ramadhan ini, banyak dari umat Islam di sekitar kita merayakan dan memperingati suatu kejadian bersejarah yang telah merubah arah sejarah umat manusia. Dan mungkin juga kita termasuk yang turut serta merayakan dan memperingati kejadian itu. Tahukah Anda sejarah apakah yang saya maksudkan?
Kejadian sejarah itu adalah Nuzul Qur’an; diturunkannya Al Qur’an secara utuh dari Lauhul Mahfud di langit ketujuh, ke Baitul Izzah di langit dunia.
ُرْهَش َناَضَمَر يِذَّلا َلِزْنُأ ِهيِف ُنَآْرُقْلا ىًدُه ِساَّنلِل ٍتاَنِّيَبَو نِم ىَدُهْلا ِناَقْرُفْلاَو. ةرقبلا 185Kejadian sejarah itu adalah Nuzul Qur’an; diturunkannya Al Qur’an secara utuh dari Lauhul Mahfud di langit ketujuh, ke Baitul Izzah di langit dunia.
“Bulan Ramadhan, bulan yang di padanya diturunkan (permulaan) Al Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang batil).” (Qs Al Baqarah: 185)
Peringatan terhadap turunnya Al Qur’an diwujudkan oleh masyarakat dalam berbagai acara, ada yang dengan mengadakan pengajian umum. Dari mereka ada yang merayakannya dengan pertunjukan pentas seni, semisal qasidah, anasyid dan lainnya. Dan tidak jarang pula yang memperingatinya dengan mengadakan pesta makan-makan. Pernahkan kita bertanya: Bagaimanakah cara Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, sahabatnya dan juga ulama terdahulu setelah mereka memperingati kejadian ini?
Anda merasa ingin tahu apa yang dilakukan oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam? Simaklah penuturan sahabat Abdullah bin Abbas radhiallahu‘anhu tentang apa yang beliau lakukan.
َناَك ُليِرْبِج ُهاَقْلَي ىِف ِّلُك ٍةَلْيَل ْنِم َناَضَمَر ، ُهُسِراَدُيَف َنآْرُقْلا . هاور يراخبلا
Demikianlah, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bermudarasah, membaca Al Qur ’an bersama Malaikat Jibril as di luar shalat. Dan ternyata itu belum cukup bagi Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, beliau masih merasa perlu untuk membaca Al Qur’an dalam shalatnya. Anda ingin tahu, seberapa banyak dan seberapa lama beliau membaca Al Qur’an dalam shalatnya?
Simaklah penuturan sahabat Huzaifah ra tentang pengalaman beliau shalat tarawih bersama Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam. “Pada suatu malam di bulan Ramadhan, aku shalat bersama Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam di dalam bilik yang terbuat dari pelepah kurma. Beliau memulai shalatnya dengan membaca takbir, selanjutnya beliau membaca doa:
هللا ربكأ وُذ توُرَبَجلا ِتوُكَلَمْلاَو ، وُذَو ِءاَيِرْبِكلا ِةَمَظَعْلاَو
Selanjutnya beliau mulai membaca surat Al Baqarah, sayapun mengira bahwa beliau akan berhenti pada ayat ke-100, ternyata beliau terus membaca. Sayapun kembali mengira: beliau akan berhenti pada ayat ke-200, ternyata beliau terus membaca hingga akhir Al Baqarah, dan terus menyambungnya dengan surat Ali Imran hingga akhir.
Kemudian beliau menyambungnya lagi dengan surat An Nisa’ hingga akhir surat. Setiap kali beliau melewati ayat yang mengandung hal-hal yang menakutkan, beliau berhenti sejenak untuk berdoa memohon perlindungan…. Sejak usai dari shalat Isya pada awal malam hingga akhir malam, di saat Bilal memberi tahu beliau bahwa waktu shalat subuh telah tiba beliau hanya shalat empat rakaat.” (HR Ahmad, dan Al Hakim)
Demikianlah cara Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam memperingati turunnya Al Qur’an pada bulan Ramadhan, membaca penuh dengan penghayatan akan maknanya. Tidak hanya berhenti pada mudarasah, beliau juga banyak membaca Al Qur’an pada shalat beliau, sampai-sampai pada satu raka’at saja, beliau membaca surat Al Baqarah, Ali Imran dan An Nisa’, atau sebanyak 5 juz lebih. Inilah yang dilakukan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pada bulan Ramadhan, dan demikianlah cara beliau memperingati turunnya Al Qur’an.
Tidak ada pesta makan-makan, apalagi pentas seni, nyanyi-nyanyi, sandiwara atau tari menari.
Bandingkan apa yang beliau lakukan dengan yang kita lakukan. Sudahkah kita mengetahui betapa besar perbedaannya?
Kita juga ingin tahu apa yang dilakukan oleh para ulama terdahulu pada bulan Ramadhan?
Imam As Syafi’i pada setiap bulan Ramadhan menghatamkan bacaan Al Qur’an sebanyak enam puluh (60) kali. Kita merasa sebagai pengikut Imam As Syafi’i? Inilah teladan beliau, tidak ada pentas seni, pesta makan, akan tetapi seluruh waktu beliau diisi dengan membaca dan mentadaburi Al Qur’an.
Buktikanlah saudaraku bahwa kita adalah benar-benar penganut mazhab Syafi’i yang sebenarnya.
Al Aswab An Nakha’i setiap dua malam menghatamkan Al Qur’an.
Qatadah As Sadusi, memiliki kebiasaan setiap tujuh hari menghatamkan Al Qur’an sekali. Akan tetapi bila bulan Ramadhan telah tiba, beliau menghatamkannya setiap tiga malam sekali. Dan bila telah masuk sepuluh hari terakhir dari bulan Ramadhan, beliau senantiasa menghatamkannya setiap malam sekali.
Demikianlah teladan ulama terdahulu dalam memperingati sejarah turunnya Al Qur’an. Tidak ada pesta ria, makan-makan, apa lagi na ’uzubillah pentas seni, tari-menari, nyanyi-menyanyi. Orang-orang seperti merekalah yang dimaksudkan oleh firman Allah Ta’ala:
ُهَّللا َلَّزَن َنَسْحَأ ِثيِدَحْلا اًباَتِك اًهِباَشَتُّم َيِناَثَّم ُّرِعَشْقَت ُهْنِم ُدوُلُج َنيِذَّلا َنْوَشْخَي ْمُهَّبَر َّمُث ُنيِلَت ْمُهُدوُلُج ْمُهُبوُلُقَو ىَلِإ ِرْكِذ ِهَّللا َكِلَذ ىَدُه ِهَّللا يِدْهَي ِهِب ْنَم ءاَشَي نَمَو ْلِلْضُي ُهَّللا اَمَف ُهَل ْنِم ٍداَه . رمزلا23
Dan oleh firman Allah Ta’ala:
Adapun kita, maka hanya kerahmatan Allah-lah yang kita nantikan. Betapa sering kita membaca, mendengar ayat-ayat Al Qur’an, akan tetapi semua itu seakan tidak meninggalkan bekas sedikitpun. Hati terasa kaku, dan keras, sekeras bebatuan. Iman tak kunjung bertambah, bahkan senantiasa terkikis oleh kemaksiatan. Dan kehidupan kita begitu jauh dari dzikir kepada Allah.
Saudaraku! Akankan kita terus menerus mengabadikan keadaan kita yang demikian ini? Mungkinkah kita akan senantiasa puas dengan sikap mendustai diri sendiri?
Kita mengaku mencintai dan beriman kepada Al Qur’an, dan selanjutnya kecintaan dan keimanan itu diwujudkan dalam bentuk tarian, nyayian, pesta makan-makan?
Kapankah kita dapat membuktikan kecintaan dan keimanan kepada Al Qur’an dalam bentuk tadarus, mengkaji kandungan, dan mengamalkan nilai-nilainya?
Tidakkah saatnya telah tiba bagi kita untuk merubah peringatan Al Qur’an dari pentas seni menjadi bacaan dan penerapan kandungannya dalam kehidupan nyata?
Penulis: Ustadz Muhammad Arifin Badri, M.A.
Anda merasa ingin tahu apa yang dilakukan oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam? Simaklah penuturan sahabat Abdullah bin Abbas radhiallahu‘anhu tentang apa yang beliau lakukan.
َناَك ُليِرْبِج ُهاَقْلَي ىِف ِّلُك ٍةَلْيَل ْنِم َناَضَمَر ، ُهُسِراَدُيَف َنآْرُقْلا . هاور يراخبلا
“Dahulu Malaikat Jibril senantiasa menjumpai Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pada setiap malam Ramadhan, dan selanjutnya ia membaca Al Qur’an bersamanya.” (HR Al Bukhari)
Demikianlah, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bermudarasah, membaca Al Qur ’an bersama Malaikat Jibril as di luar shalat. Dan ternyata itu belum cukup bagi Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, beliau masih merasa perlu untuk membaca Al Qur’an dalam shalatnya. Anda ingin tahu, seberapa banyak dan seberapa lama beliau membaca Al Qur’an dalam shalatnya?
Simaklah penuturan sahabat Huzaifah ra tentang pengalaman beliau shalat tarawih bersama Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam. “Pada suatu malam di bulan Ramadhan, aku shalat bersama Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam di dalam bilik yang terbuat dari pelepah kurma. Beliau memulai shalatnya dengan membaca takbir, selanjutnya beliau membaca doa:
هللا ربكأ وُذ توُرَبَجلا ِتوُكَلَمْلاَو ، وُذَو ِءاَيِرْبِكلا ِةَمَظَعْلاَو
Selanjutnya beliau mulai membaca surat Al Baqarah, sayapun mengira bahwa beliau akan berhenti pada ayat ke-100, ternyata beliau terus membaca. Sayapun kembali mengira: beliau akan berhenti pada ayat ke-200, ternyata beliau terus membaca hingga akhir Al Baqarah, dan terus menyambungnya dengan surat Ali Imran hingga akhir.
Kemudian beliau menyambungnya lagi dengan surat An Nisa’ hingga akhir surat. Setiap kali beliau melewati ayat yang mengandung hal-hal yang menakutkan, beliau berhenti sejenak untuk berdoa memohon perlindungan…. Sejak usai dari shalat Isya pada awal malam hingga akhir malam, di saat Bilal memberi tahu beliau bahwa waktu shalat subuh telah tiba beliau hanya shalat empat rakaat.” (HR Ahmad, dan Al Hakim)
Demikianlah cara Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam memperingati turunnya Al Qur’an pada bulan Ramadhan, membaca penuh dengan penghayatan akan maknanya. Tidak hanya berhenti pada mudarasah, beliau juga banyak membaca Al Qur’an pada shalat beliau, sampai-sampai pada satu raka’at saja, beliau membaca surat Al Baqarah, Ali Imran dan An Nisa’, atau sebanyak 5 juz lebih. Inilah yang dilakukan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pada bulan Ramadhan, dan demikianlah cara beliau memperingati turunnya Al Qur’an.
Tidak ada pesta makan-makan, apalagi pentas seni, nyanyi-nyanyi, sandiwara atau tari menari.
Bandingkan apa yang beliau lakukan dengan yang kita lakukan. Sudahkah kita mengetahui betapa besar perbedaannya?
Kita juga ingin tahu apa yang dilakukan oleh para ulama terdahulu pada bulan Ramadhan?
Imam As Syafi’i pada setiap bulan Ramadhan menghatamkan bacaan Al Qur’an sebanyak enam puluh (60) kali. Kita merasa sebagai pengikut Imam As Syafi’i? Inilah teladan beliau, tidak ada pentas seni, pesta makan, akan tetapi seluruh waktu beliau diisi dengan membaca dan mentadaburi Al Qur’an.
Buktikanlah saudaraku bahwa kita adalah benar-benar penganut mazhab Syafi’i yang sebenarnya.
Al Aswab An Nakha’i setiap dua malam menghatamkan Al Qur’an.
Qatadah As Sadusi, memiliki kebiasaan setiap tujuh hari menghatamkan Al Qur’an sekali. Akan tetapi bila bulan Ramadhan telah tiba, beliau menghatamkannya setiap tiga malam sekali. Dan bila telah masuk sepuluh hari terakhir dari bulan Ramadhan, beliau senantiasa menghatamkannya setiap malam sekali.
Demikianlah teladan ulama terdahulu dalam memperingati sejarah turunnya Al Qur’an. Tidak ada pesta ria, makan-makan, apa lagi na ’uzubillah pentas seni, tari-menari, nyanyi-menyanyi. Orang-orang seperti merekalah yang dimaksudkan oleh firman Allah Ta’ala:
ُهَّللا َلَّزَن َنَسْحَأ ِثيِدَحْلا اًباَتِك اًهِباَشَتُّم َيِناَثَّم ُّرِعَشْقَت ُهْنِم ُدوُلُج َنيِذَّلا َنْوَشْخَي ْمُهَّبَر َّمُث ُنيِلَت ْمُهُدوُلُج ْمُهُبوُلُقَو ىَلِإ ِرْكِذ ِهَّللا َكِلَذ ىَدُه ِهَّللا يِدْهَي ِهِب ْنَم ءاَشَي نَمَو ْلِلْضُي ُهَّللا اَمَف ُهَل ْنِم ٍداَه . رمزلا23
“Allah telah menurunkan perkataan yang paling baik (yaitu) Al Qur’an yang serupa (mutu ayat-ayatnya) lagi berulang-ulang, gemetar karenanya kulit orang-orang yang takut kepada Rabbnya, kemudian menjadi tenang kulit dan hati mereka di waktu mengingat Allah. Itulah petunjuk Allah, dengan kitab itu Dia menunjuki siapa yang dikehendaki-Nya. Dan barangsiapa yang disesatkan Allah, maka tidak ada seorangpun pemberi petunjuk baginya.” (Qs. Az Zumar: 23)
Dan oleh firman Allah Ta’ala:
اَمَّنِإ َنوُنِمْؤُمْلا َنيِذَّلا اَذِإ َرِكُذ ُهّللا ْتَلِجَو
ْمُهُبوُلُق اَذِإَو ْتَيِلُت ْمِهْيَلَع ُهُتاَيآ ْمُهْتَداَز اًناَميِإ ىَلَعَو ْمِهِّبَر َنوُلَّكَوَتَي }2{ نيِذَّلا َنوُميِقُي َةَالَّصلا اَّمِمَو ْمُهاَنْقَزَر َنوُقِفنُي }3{ َكِئـَلْوُأ ُمُه نوُنِمْؤُمْلا اًّقَح ْمُهَّل ٌتاَجَرَد َدنِع
ْمِهِّبَر ٌةَرِفْغَمَو ٌقْزِرَو ٌميِرَك. لافنألا 2-4
“Sesungguhnya orang-orang yang beriman itu adalah mereka yang apabila disebut nama Allah gemetarlah hati mereka, dan apabila dibacakan kepada mereka Ayat-ayat-Nya, bertambahlah iman mereka (karenanya) dan kepada Rabb lah mereka bertawakkal, (yaitu) orang-orang yang mendirikan shalat dan yang menafkahkan sebagian dari rejeki yang Kami berikan kepada mereka, Itulah orang-orang yang beriman dengan sebenar-benarnya. Mereka akan memperoleh beberapa derajat ketinggian di sisi Rabbnya dan ampunan serta rejeki (nikmat) yang mulia.” (Qs. Al Anfaal:2-4)
ْمُهُبوُلُق اَذِإَو ْتَيِلُت ْمِهْيَلَع ُهُتاَيآ ْمُهْتَداَز اًناَميِإ ىَلَعَو ْمِهِّبَر َنوُلَّكَوَتَي }2{ نيِذَّلا َنوُميِقُي َةَالَّصلا اَّمِمَو ْمُهاَنْقَزَر َنوُقِفنُي }3{ َكِئـَلْوُأ ُمُه نوُنِمْؤُمْلا اًّقَح ْمُهَّل ٌتاَجَرَد َدنِع
ْمِهِّبَر ٌةَرِفْغَمَو ٌقْزِرَو ٌميِرَك. لافنألا 2-4
“Sesungguhnya orang-orang yang beriman itu adalah mereka yang apabila disebut nama Allah gemetarlah hati mereka, dan apabila dibacakan kepada mereka Ayat-ayat-Nya, bertambahlah iman mereka (karenanya) dan kepada Rabb lah mereka bertawakkal, (yaitu) orang-orang yang mendirikan shalat dan yang menafkahkan sebagian dari rejeki yang Kami berikan kepada mereka, Itulah orang-orang yang beriman dengan sebenar-benarnya. Mereka akan memperoleh beberapa derajat ketinggian di sisi Rabbnya dan ampunan serta rejeki (nikmat) yang mulia.” (Qs. Al Anfaal:2-4)
Adapun kita, maka hanya kerahmatan Allah-lah yang kita nantikan. Betapa sering kita membaca, mendengar ayat-ayat Al Qur’an, akan tetapi semua itu seakan tidak meninggalkan bekas sedikitpun. Hati terasa kaku, dan keras, sekeras bebatuan. Iman tak kunjung bertambah, bahkan senantiasa terkikis oleh kemaksiatan. Dan kehidupan kita begitu jauh dari dzikir kepada Allah.
Saudaraku! Akankan kita terus menerus mengabadikan keadaan kita yang demikian ini? Mungkinkah kita akan senantiasa puas dengan sikap mendustai diri sendiri?
Kita mengaku mencintai dan beriman kepada Al Qur’an, dan selanjutnya kecintaan dan keimanan itu diwujudkan dalam bentuk tarian, nyayian, pesta makan-makan?
Kapankah kita dapat membuktikan kecintaan dan keimanan kepada Al Qur’an dalam bentuk tadarus, mengkaji kandungan, dan mengamalkan nilai-nilainya?
Tidakkah saatnya telah tiba bagi kita untuk merubah peringatan Al Qur’an dari pentas seni menjadi bacaan dan penerapan kandungannya dalam kehidupan nyata?
Penulis: Ustadz Muhammad Arifin Badri, M.A.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar