CHOOSE YOUR LANGUAGE:

CHOOSE YOUR LANGUAGE:

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Kamis, 22 Juli 2010

Islamic Sumedang Festival 2010



Assalamu’alaikum Wr. Wb

Bismillahirrahmanirrahiim

Segala puji bagi Allah, Rabb semesta alam, seluas dan sebanyak bilangan ciptaan-Nya dan se-Agung kemuliaan Dzat-Nya. Dia (Allah) yang tak kan tercapai oleh penglihatan mata, tetapi oleh mata hati yang penuh dengan hakikat keimanan.

Shalawat serta salam semoga tercurah limpahkan kepada nabi besar Muhammad Saw serta kepada ahlul baitnya, sahabatnya, dan para mutabi’nya yang iltijam dalam dienul haq.

Betapa mengerikannya melihat kenyataan bahwa generasi muda Indonesia sudah mulai terlena dengan hedonisme yang tercipta dari derasnya arus globalisasi. Haruskah hal ini kita biarkan? Sebagai bagian dari bangsa dan negara Indonesia, kita tidak dapat diam melihat semuanya terjadi begitu saja, harus ada sebuah langkah pasti untuk menyelamatkan bangsa ini. Dan menjadikan generasi muda bangsa ini menjadi generasi yang dapat berkontribusi dan berpartisipasi secara aktif dengan potensi yang dimiliki.

Sebagai pengemban nama kaum terpelajar, kami para mahasiswa tergabung dalam wadah pengembang potensi pemuda Unit edcoustic edfriends yang berada di lingkungan kabupaten Sumedang berusaha untuk mengembangkan potensi dalam da’wah dan seni sebagai salah satu upaya kami untuk membantu meningkatkan mutu pendidikan Indonesia. Sejalan dengan apa yang Allah SWT telah firmankan dalam Al Qur’an surat Ar Ra’d ayat 14, bahwa “…Sesungguhnya Allah tidak akan merubah keadaan sesuatu kaum sehingga mereka merubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri…” dan tujuan pengembangan potensi di edfriends Sumedang, yaitu membentuk warganegara yang baik (to be good citizenship) yang memiliki civic intelligence (kecerdasan), civic responsibilities (tanggung jawab dan rasa bangga), dan civic participation (partisipasi dalam kehidupan masyarakat dan negara), maka dalam rangka menyambut bulan suci ramadhan, kami Unit Edfriends Sumedang berinisiatif untuk mengadakan serangkaian kegiatan yang bertajuk Islamic Sumedang Festival 2010 sebagai langkah awal kami untuk dapat mengajak generasi muda Indonesia menjalani hidup yang bernafaskan Islam sehingga pondasi negara ini dapat tetap kokoh.

DASAR PEMIKIRAN
1. Al Qur’an
a. QS. Ar Ra’d ayat 11 “Bagi manusia ada malaikat-malaikat yang selalu mengikutinya bergiliran, di muka dan di belakangnya, mereka menjaganya atas perintah Allah. Sesungguhnya Allah tidak merubah keadaan sesuatu kaum sehingga mereka merubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri. Apabila Allah menghendaki keburukan terhadap sesuatu kaum maka tak ada yang dapat menolaknya; dan sekali-kali tak ada pelindung bagi mereka selain Dia.”
b. QS. An Nahl ayat 125 “Serulah (manusia) kepada jalan Tuhan-mu dengan hikmah dan pelajaran yang baik dan bantahlah mereka dengan cara yang baik. Sesungguhnya Tuhanmu dialah yang lebih mengetahui tentang siapa yang tersesat dari jalan-Nya dan dialah yang lebih mengetahui orang-orang yang mendapat petunjuk.”
2. UUD 1945, Bab XIII mengenai Pendidikan dan Kebudayaan Pasal 31 ayat 3 yang berbunyi “Pemerintah memajukan ilmu pengetahuan dan teknologi dengan menjunjung tinggi nilai-nilai agama dan persatuan bangsa untuk memajukan peradaban serta kesejahteraan umat manusia”.
3. Undang-undang tentang Sistem Pendidikan Nasional tahun 2003 Bab I Pasal 1 No. 16 yang berbunyi “Pendidikan berbasis masyarakat adalah penyelenggaraan pendidikan berdasarkan kekhasan agama, sosial, budaya, aspirasi dan potensi masyarakat sebagai perwujudan pendidikan dari, oleh dan untuk masyarakat.”
4. Program kerja Unit Edfriends Sumedang.

NAMA KEGIATAN
Nama kegiatan ini adalah Islamic Sumedang Festival 2010.

TEMA KEGIATAN
“Mengembangkan Jiwa Kreativitas Dan Potensi Generasi Muda Indonesia Dalam Da’wah dan Seni, serta memahami arti perjuangan kemerdekaan Indonesia”

Di copas dari issufestival.blogspot.com

BACA JUGA YANG INI:



Tidak ada komentar:

Posting Komentar