CHOOSE YOUR LANGUAGE:

CHOOSE YOUR LANGUAGE:

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Minggu, 20 Juni 2010

MENJENGUK ORANG SAKIT

Setiap orang yang sakit ada hak untuk dilawat. Bukan hanya karena sakit keras saja, malah yang sakit ringan semisal sakit mata pun ada hak untuk dilawat.

Dari Zaid bin Arqam, katanya: ”Rasulullah Saw pernah melawat saya disebabkan saya (pada saat itu) sedang sakit mata” (HR. Abu Dawud: 3102).

Berdasarkan keterangan di atas, hukum melawat orang sakit itu SUNNAH, sebab keterangan ”...untungnya atau besar ganjarannya bagi yang melawat... ” tidak disertai ancaman bagi orang yang tidak melawat yang sakit.

Meraba Orang Yang Sakit.
Dari ’Aisyah puteri Saad ra, pernah bapaknya berkata begini: ”Saya pernah sakit di Mekkah, kemudian Rasulullah Saw melawat saya, beliau meraba dengan tangannya pada jidat saya, terus mengusap dada saya dan perut saya, sambil beliau membaca doa:
"Allahummasyfi Sa’dan wa atmim hijratahu” – Ya Allah! Semoga Allah menyembuhkan Sa’ad ini dan semoga Engkau menyempurnakan hijrahnya”. (HR al Bukhari, Abu Dawud: 3104)

Kutipan taushiah alm. ustadz KHE Abdullah dari bukunya: Pemeliharaan Jenazah

BACA JUGA YANG INI:



Tidak ada komentar:

Posting Komentar